Surat Pengaduan
Adalah Surat yang
bertujuan untuk mengadukan barang atau jasa. Mengadu tidaklah harus
diasosiasikan dengan hal yang negatif. Dalam berbisnis, kita justru harus rajin
mengadu, untuk memperjelas duduk perkara, dan membuat hubungan bisnis lebih
terbuka. Tapi mengadu atau menuntut dalam bisnis ada aturannya, yaitu dengan
menggunakan surat aduan ataupun surat tuntutan secara resmi. Sehingga semua
keluhan tercatat dengan rapi, dan bisa ditanggapi dengan rapi pula.
Contoh Surat Pengaduan Karena Kerusakan Barang
_______, ___ _______ 2010
Nomor : ………..
Perihal : ………..
Kepada,
Yth. _____________
PT ______________
Jln. ______________
Dengan hormat,
Bersama surat ini, kami beritahukan bahwa kiriman boneka-boneka pesanan kami telah tiba sesuai waktu. Namun, setelah kami periksa, terdapat kerusakan pada ………….. yang Anda kirim.
Kerusakan tersebut dapat kami jelaskan sebagai berikut:
1. …………….
2. …………….
3. …………….
Sebagai bukti, ………… tersebut kami kirimkan kembali kepada Anda untuk diperiksa dan menjadi perhatian Anda.
Kami harap pesanan barang kami tidak mengalami kerusakan seperti ini lagi di kemudian hari karena hal ini sangat merugikan laju perniagaan perusahaan kami. Bila Anda mengulangi kesalahan ini untuk kedua kalinya, kami dengan sangat menyesal harus memutuskan hubungan kerja sama yang telah terjalin selama ini.
Kami menunggu surat jawaban dari Anda. Terima kasih.
Hormat kami,
……………………
……………………
_______, ___ _______ 2010
Nomor : ………..
Perihal : ………..
Kepada,
Yth. _____________
PT ______________
Jln. ______________
Dengan hormat,
Bersama surat ini, kami beritahukan bahwa kiriman boneka-boneka pesanan kami telah tiba sesuai waktu. Namun, setelah kami periksa, terdapat kerusakan pada ………….. yang Anda kirim.
Kerusakan tersebut dapat kami jelaskan sebagai berikut:
1. …………….
2. …………….
3. …………….
Sebagai bukti, ………… tersebut kami kirimkan kembali kepada Anda untuk diperiksa dan menjadi perhatian Anda.
Kami harap pesanan barang kami tidak mengalami kerusakan seperti ini lagi di kemudian hari karena hal ini sangat merugikan laju perniagaan perusahaan kami. Bila Anda mengulangi kesalahan ini untuk kedua kalinya, kami dengan sangat menyesal harus memutuskan hubungan kerja sama yang telah terjalin selama ini.
Kami menunggu surat jawaban dari Anda. Terima kasih.
Hormat kami,
……………………
……………………
PT. SINGOSARI
Jl. Mulawarman No.27
Bandung
No.
: 34/GP/V/2012
27 Mei 2012
Lamp : -
Hal : Pengaduan
Lamp : -
Hal : Pengaduan
PT. MULIYOJOYO
SING
Jl. Ratu Maidin No. 12
Cikarang
Jl. Ratu Maidin No. 12
Cikarang
Dengan hormat,
Telah kami terima barang-barang peralatan
kantor berdasarkan pesanan tanggal 25 Mei 2012 No. 14/MP/V/2012. Dalam surat
pesanan tersebut tercantum pesanan kami sebagai berikut ;
1. 350 RIM HVS A4
2. 250 RIM HVS F4
Pada saat kami periksa, ternyata HVS A4 kurang 2 RIM dan HVS F4 kurang 1
RIM. Kami mengerti bahwa hal ini terjadi karena tidak sengaja .
Untuk itu kami mohon kekurangan tersebut segera dikirimkan , atas
perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih .
Hormat kami,
PT. SINGOSARI
MODIONO
SURAT PENGADUAN
|
Contoh Surat Pengaduan
PT SINAR SENTOSA
JALAN PELITA JAYA 117, JAKARTA
TELEPON (021) 57766454, FAKSIMILE 57732145
Nomor : 302/SS/III/2010 11
November 2010
Lampiran : 1
Lembar
Perihal : Pengklaiman
YTH. Direktur PT
ELEK MITRA JAYA
Jalan Yoes
Sudarso 114
Manggar
Dengan hormat,
Sehubungan dengan
kedatangan barang yang telah anda tawarkan sesuai surat penawaran No.
414/XX/III/2010 pada tanggal 10 November 2010, kami merasa adanya beberapa
barang yang mengalami kerusakan. Seperti mesin fotocopy merek Cannon yang tidak
dapat bekerja secara maksimal, dikarenakan adanya kabel yang putus di dalam
mesin. Oleh karena itu, kami mengajukan surat ini dengan tujuan ingin meminta
pertanggung jawaban atas barang tersebut.
Demikian surat
pengaduan ini kami buat. Atas perhatiaan anda kami ucapakan terima kasih.
Hormat kami,
Dra. Nur Arsih
Direktur
Pemasaran
PT.
KHOIRUL ABADI
Jl.
Simpang 3 Telkom 259, Banjarmasin
Email:
mmkhoirulzed@gmail.com
Banjarmasin, 20 November 2011
Nomor :124//KA/02/11
Lampiran : 2 lembar
Hal : Pengaduan jumlah barang
Lampiran : 2 lembar
Hal : Pengaduan jumlah barang
Yth. Pemilik toko bangunan Permata
Jl. Ahmad Yani 756, Makassar
Jl. Ahmad Yani 756, Makassar
Dengan hormat,
Kiriman saudara
mengenai barang-barang yang kami pesan pada tanggal 3 November 2011 yaitu:
1. Palu sebanyak 20 buah
2. Gergaji sebanyak 27 buah
3. Paku sebanyak 10 kg
4. Penggaris
siku sebanyak 47 buah
5. Meteran
mini sebanyak 26 buah
6. Mesin
bor sebanyak 10 buah
7. Mesin
ketam sebanyak 13 buah
Telah sampai dalam keadaan sangat baik. Kami ucapkan
terima kasih.
Perlu kami
sampaikan juga bahwa barang-barang yang saudara kirim mengalami keterlambatan
tiba di tempat tujuan yaitu tanggal 18 November 2011, kami tidak dapat
menanggung biaya pengiriman yang telah di setujui karena tidak sesuai dengan
perjanjian awal dan jumlah barang yang kami pesan tidak sesuai yaitu:
1. Gergaji sebanyak 10 buah
2. Penggaris sebanyak 17 buah
3. Mesin ketam sebanyak 9 buah
Kami meminta
barang yang kurang dapat dikirim secepatnya dan kami meminta potongan biaya
atas barang yang kurang. Jika saudara tidak setuju, saudara dapat mengirimkan
utusan untuk mengeceknya dan sekalian mohon dibawakan tambahannya.
Terimakasih atas
kebijaksanaan saudara. Kami harap saudara dapat memakluminya.
Hormat Kami,
Meneger Marketing
M. Khoirul Zed
0 opmerkings: