Surat Pengaduan


Surat Pengaduan
Adalah Surat yang bertujuan untuk mengadukan barang atau jasa. Mengadu tidaklah harus diasosiasikan dengan hal yang negatif. Dalam berbisnis, kita justru harus rajin mengadu, untuk memperjelas duduk perkara, dan membuat hubungan bisnis lebih terbuka. Tapi mengadu atau menuntut dalam bisnis ada aturannya, yaitu dengan menggunakan surat aduan ataupun surat tuntutan secara resmi. Sehingga semua keluhan tercatat dengan rapi, dan bisa ditanggapi dengan rapi pula.


Contoh Surat Pengaduan Karena Kerusakan Barang

_______,  ___  _______ 2010

Nomor        : ………..
Perihal        : ………..

Kepada,
Yth. _____________
PT ______________
Jln. ______________

Dengan hormat,

    Bersama surat ini, kami beritahukan bahwa kiriman boneka-boneka pesanan kami telah tiba sesuai waktu. Namun, setelah kami periksa, terdapat kerusakan pada ………….. yang Anda kirim.

    Kerusakan tersebut dapat kami jelaskan sebagai berikut:
1.    …………….
2.    …………….
3.    …………….

Sebagai bukti, ………… tersebut kami kirimkan kembali kepada Anda untuk diperiksa dan menjadi perhatian Anda.

Kami harap pesanan barang kami tidak mengalami kerusakan seperti ini lagi di kemudian hari karena hal ini sangat merugikan laju perniagaan perusahaan kami. Bila Anda mengulangi kesalahan ini untuk kedua kalinya, kami dengan sangat menyesal harus memutuskan hubungan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Kami menunggu surat jawaban dari Anda. Terima kasih.


Hormat kami,


……………………
……………………




PT. SINGOSARI
Jl. Mulawarman No.27
Bandung


No.         : 34/GP/V/2012                                                                                           27 Mei 2012
Lamp     : -
Hal          : Pengaduan


PT. MULIYOJOYO SING
Jl. Ratu Maidin No. 12
Cikarang

Dengan hormat,

            Telah kami terima barang-barang peralatan kantor berdasarkan pesanan tanggal 25 Mei 2012 No. 14/MP/V/2012. Dalam surat pesanan tersebut tercantum pesanan kami sebagai berikut ;
1.       350 RIM HVS A4
2.       250 RIM HVS F4
Pada saat kami periksa, ternyata HVS A4 kurang 2 RIM dan HVS F4 kurang 1 RIM. Kami mengerti bahwa hal ini terjadi karena tidak sengaja .
Untuk itu kami mohon kekurangan tersebut segera dikirimkan , atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih .


                                                                                                                          Hormat kami,
                                                                                                                          PT. SINGOSARI




                                                                                                                          MODIONO




SURAT PENGADUAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvAl1r8-VdKKzfuOKEBqwDMUlHemA6sXfAA82h_DVtUwH5p9ch5keZfQDgqnc-XPwqIC5CpTYTu2qlAqw4YPIBy4bKo06APGFV7ByIkmUWi852aYjbZfz_wKpwEdPj2qzC5eDCz7vZaaY/s200/surat.gif

PT. SURAT SURAT

Jl. Surat surat Usaha No. 1
Jakarta Barat , Indonesia 12345
Telp. 012 345 6789

No: 05/SP-PTSS/I/2020
Jakarta,12 Januari 2020

Kepada Yth.
Bpk. Syarat Surat
Manajer Penjualan
PT Surat Kertas
Jl. Surat Sakti-No. 1 A
Bogor-Jawa Barat 123456

Dengan Hormat

Terima kasih atas pengiriman barang yang sudah tiba di perusahaan kami kemarin pagi. Sayangnya, kualitas barang-barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan harapan kami berdasarkan contoh yang kami peroleh dari perusahaan Anda. Semua produk yang dikirimkan memiliki kualitas yang buruk. Namun, kami yakin bahwa ini merupakan kelalaian ketika mempersiapkan pesanan kami. 
Kami tentu saja tidak memiliki pilihan lain selain meminta Anda untuk mengganti barang tersebut dengan barang yang sesuai dengan kualitas yang kami pesan. Kami berharap agar Anda dapat menyelidiki masalah ini. Karena barang yang kami pesan sangat dibutuhkan maka kami mohon untuk segera dikirim barang penggantinya. Atas kerja perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,

(Suratman) 
Manajer Penjualan



Contoh Surat Pengaduan
PT SINAR SENTOSA
JALAN PELITA JAYA 117, JAKARTA
TELEPON (021) 57766454, FAKSIMILE 57732145
Nomor : 302/SS/III/2010 11 November 2010
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Pengklaiman
YTH. Direktur PT ELEK MITRA JAYA
Jalan Yoes Sudarso 114
Manggar
Dengan hormat,
Sehubungan dengan kedatangan barang yang telah anda tawarkan sesuai surat penawaran No. 414/XX/III/2010 pada tanggal 10 November 2010, kami merasa adanya beberapa barang yang mengalami kerusakan. Seperti mesin fotocopy merek Cannon yang tidak dapat bekerja secara maksimal, dikarenakan adanya kabel yang putus di dalam mesin. Oleh karena itu, kami mengajukan surat ini dengan tujuan ingin meminta pertanggung jawaban atas barang tersebut.
Demikian surat pengaduan ini kami buat. Atas perhatiaan anda kami ucapakan terima kasih.
Hormat kami,
   Dra. Nur Arsih


Direktur Pemasaran



PT. KHOIRUL ABADI
Jl. Simpang 3 Telkom 259, Banjarmasin

Banjarmasin, 20 November  2011
Nomor             :124//KA/02/11
Lampiran        
 : 2 lembar
Hal      
                         : Pengaduan jumlah barang
Yth. Pemilik toko bangunan Permata
Jl. Ahmad Yani 756, Makassar
            Dengan hormat,
Kiriman saudara mengenai barang-barang yang kami pesan pada tanggal 3 November 2011 yaitu:

1.      Palu                             sebanyak 20 buah
2.      Gergaji                                     sebanyak 27 buah
3.      Paku                            sebanyak 10 kg
4.      Penggaris siku              sebanyak 47 buah
5.      Meteran mini               sebanyak 26 buah
6.      Mesin bor                    sebanyak 10 buah
7.      Mesin ketam                sebanyak 13 buah

Telah sampai dalam keadaan sangat baik. Kami ucapkan terima kasih.
Perlu kami sampaikan juga bahwa barang-barang yang saudara kirim mengalami keterlambatan tiba di tempat tujuan yaitu tanggal 18 November 2011, kami tidak dapat menanggung biaya pengiriman yang telah di setujui karena tidak sesuai dengan perjanjian awal dan jumlah barang yang kami pesan tidak sesuai yaitu:
1.      Gergaji                         sebanyak 10 buah
2.      Penggaris                     sebanyak 17 buah
3.      Mesin ketam                sebanyak 9 buah
Kami meminta barang yang kurang dapat dikirim secepatnya dan kami meminta potongan biaya atas barang yang kurang. Jika saudara tidak setuju, saudara dapat mengirimkan utusan untuk mengeceknya dan sekalian mohon dibawakan tambahannya.
Terimakasih atas kebijaksanaan saudara. Kami harap saudara dapat memakluminya.


Hormat Kami,
                                                                                                              Meneger Marketing


M. Khoirul Zed

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking