Koloid


Koloid adalah suatu sistem campuran yang berada diantara larutan dan campuran kasar (suspensi). Koloid terdiri dari fase terdispersi dan medium pendispersi . fase terdispersi memiliki ukuran tertentu . zat yang didispersikan disebut fase terdispersi , sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi. Dalam kehidupan sehari-harii kamu menemukan beberapa contoh larutan, suspensi dan koloid bukan? Misalnya larutan gula , campuran minyak dan air, juga susu.

Jenis Koloid
tabel jenis-jenis koloid
No
Fase Terdispersi
Medium Pendispersi
Nama
Contoh
1
Padat
Padat
Sol Padat
Gelas Berwarna
2
Padat
Cair
Sol
Sol Emas
3
Padat
Gas
Aerosol
Asap
4
Cair
Padat
Emulsi Padat
Jeli
5
Cair
Cair
Emulsi
Susu
6
Cair
Gas
Aerosol Cair
Kabut
7
Gas
Padat
Buih Padat
Karet
8
Gas
Cair
Buih
Buih Sabun


Sifat Koloid
1. Efek Tyndall
Koloid memberikan sifat yang berbeda dengan larutan ketika keduanya dilewatkan seberkas sinar. Sinar yang melewati larutan sejati akan diteruskan berkas cahaya yang melewati larutan sejati tidak terlihat , sebaliknya berkas cahaya melewati koloid akan kelihatan dan sinar yang melewati sistem koloid akan dihamburkan. Dengan demikian Efek Tyndallmerupakan sifat sistem koloid yang menghamburkan cahaya yang dilewatkan pada sistem koloid.Larutan sejati tidak memberikan Efek Tyndall , oleh karena itu Efek Tyndall dapat digunakan untuk membedakan larutan sejati dengan sistem koloid.

2. Gerak Brown
Jika diamati dengan mikroskop ultra maka akan terlihat bahwa partikel -partikel koloid senantiasa bergerak d engan gerak zigzag gerak zigzag partikel koloid ini disebutGerak Brown. Gerak Brown ditemukan oleh seorang ahli biologi berkebangsaan Inggris bernama Robert Brown. Gerka Brown terjadi akibat tumbukan yang tidak seimbang antara molekul-molekul medium pendispersi dengan partikel - partikel koloid. Semakin tinggi tempretur semakin cepat semakin cepat gerak Brown berlangsung , hal ini disebabkan oleh peningkatan energi kinetik molekul medium pendispersi sehingga menghasilkan tumbukan yang kuat.
3. Elektroforesis
Partikel-partikel koloid dapat bergerak dala medan listrik. Hal ini menunjukkan bahwa partikel koloid memiliki muatan listrik . Peristiwa pergerakkan partikel koloid dalam medan listrik disebur Elektroforesis.

4. Adsorpsi
Partikel koloid memiliki kemampuan menyerap ion atau muatan listrik pada permukaannya Penyerapan ion pada permukaan partikel-partikel koloid disebut adsorpsi ion. Sebagai contoh sol Fe(OH)3 dalrmuam air yang mengadsorpsi ion positif menjadi bermuatan positif, sedangkan sol As2S3 yang mengadsorpsi ion negatif menjadi bermuatan negatif .

5. Koagulasi
Koagulasi adalah peristiwa pengendapan atau penggumpalan koloid. Koloid distabilkan oleh muatannya. Jika muatan koloid dilucuti atau dihilangkan, maka kestabilannya akan berkurang sehingga dapat menyebabkan koagulasi atau penggumpalan. Pelucutan muatan koloid dapat terjadi pada sel elektroforesis atau jika elektrolit ditambahakan ke dalam system koloid. Apabila arus listrik dialirkan cukup lama kedalam sel elektroforesis, maka partikel koloid akan digumpalkan ketika mencapai electrode. Koagulasi koloid karena penambahan elektrolit terjadi karena koloid bermuatan positif menarik ion negative dan koloid bermuatan negative menarik ion positif. Ion-ion tersebut akan membentuk selubung lapisan kedua. Jika selubung itu terlalu dekat, maka selubung itu akan menetralkan koloid sehingga terjadi koagulasi.

6. Koloid Pelindung

Ada koloid yang bersifat melindungi koloid lain supaya tidak mengalami koagulasi. Koloid semacam ini disebut koloid pelindung. Koloid pelindung ini membentuk lapisan di sekeliling partikel koloid yang lain sehingga melindungi muatan koloid tersebut. Koloid pelindung ini akan membungkus partikel zat terdispersi, sehingga tidak dapat lagi mengelompok.
Contoh pemanfaatan koloid pelindung adalah sebagai berikut:
1.       Pada pembuatan es krim digunakan gelatin untuk mencegah pembentukan Kristal besar atau gula
2.      Cat dan tinta dapat bertahan lama karena menggunakan suatu koloid pelindung.

7. Dialisis

Dialisis merupakan proses pemurnian koloid dengan membersihkan atau menghilangkan ion-ion pengganggu menggunakan suatu kantong yang terbuat dari selaput semipermiabel.  Caranya, sistem koloid dimasukkan ke dalam kantong semipermeabel, dan diletakkan dalam air. Selaput semipermeabel ini hanya dapat dilalui oleh ion-ion, sedang partikel koloid tidak dapat melaluinya, dengan demikian akan diperoleh koloid yang murni. Ion-ion yang keluar melalui selaput semipermeabel ini kemudian larut dalam air. Dalam proses dialisis hilangnya ion-ion dari sistem koloid dapat dipercepat dengan menggunakan air yang mengalir. Peristiwa dialisis ini diaplikasikan dalam proses pencucian darah di dunia kedokteran.






Pembuatan Koloid
1. Cara Kondensasi
Cara Kondensasi dilakukan melalui reaksi kimia seperti reaksi redoks, reaksi hidrolisis, reaksi dekomposisi rangkap, dan reaksi pergantian pelarut.
a. Reaksi Redoks
Reaksi redoks adalah reaksi yang disertai perubahan bilangan oksidasi. Pembuatan sol belerang dari reaksi antara hidrogen sulfida (H 2 S) dengan belerang dioksida (SO 2 ), yaitu dengan mengalirkan gas H2S kedalam larutan SO2.
2H 2 S (g) + SO 2 (aq) → 2H 2 O (l) + 3S (s)
b. Reaksi Hidrolisis
Misalnya larutan natrium tiosulfat direaksikan dengan larutan asam klorida , maka akan terbentuk belerang. Partikel belerang akan bergabung menjadi semakin besar sampai berukuran koloid sehingga terbentuk sel belerang. Seperti reaksi :
Na 2 SO 3 (aq) + 2HCl (aq) →2 NaCl (aq) + H 2 O (l) + S (s)
c. Reaksi Substitusi
Misalnya larutan natrium tiosulfat direaksikan dengan larutan asam klorida , maka akan terbentuk belerang. Partikel belerang akan bergabung menjadi semakin besar sampai berukuran koloid sehingga terbentuk sel belerang. Seperti reaksi
Na 2 SO 3 (aq) + 2HCl (aq) →2 NaCl (aq) + H 2 O (l) + S (s)
d. Reaksi Dekomposisi Rangkap
Contohnya adalah pembuatan sol As 2 S 3 dengan mereaksikan larutan H 3 AsO 3 dengan larutan H 2 S. Reaksinya adalah sebagai berikut:
2H 3 AsO 3 (aq) + 3H 2 S (aq) → As 2 S 3 (s) + 6H 2 O (l)
e. Penggantian Pelarut
Cara ini dilakukan dengan menggnti medium pendispersi sehingga fase terdispersi yang semula larut menjadi berukuran koloid. Misalnya larutan jenuh kalsium asetat jika dicampur dengan alcohol akan terbentuk suatu koloid berupa gel.
2. Cara Dispersi
  Dengan cara dispersi partikel kasar dipecah menjadi partikel koloid. Cara dispersi dapat dilakukan secara mekanik, peptisasi, atu dengan loncatan bunga listrik(busur bredig).
1) Cara mekanik
Dengan cara ini, butir-butir kasar  digerus dengan lumpang, sampai diperoleh tingkat kehalusan tertentu, kemudian diaduk dengan medium pendispersi. Contoh pembuatan sol belerang dengan menggerus serbuk belerang bersama zat inert seperti gula pasir, kemudian mencampur dengan air.
2) Cara peptisasi
Cara peptisasi adalah pembuatan koloid dari butir-butir kasar atau dari suatu endapan dengan bantuan zat pemecah (pemeptisasi).
3) Cara busur bredig
Cara busur bredig digunakan untuk membuat sol-sol logam. Logam yang akan dijadikan koloid digunakan sebagai elktrode yang dicelupkan kedalam medium dispersi, kemudian diberi loncatan listrik dikedua ujungnya. Mula-mula atom logam akan terlempar kedalam air,
lalu atom tersebut mengalami kondensasi sehingga membentuk partikel koloid. Jadi cara busur bredig ini merupakan gabungan cara disperse dan kondensasi

Rferensi lain: klik disini

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking